SiBakul Beringharjo ; Sistem Pembinaan Koperasi Dan Pelaku Usaha Berdaya Saing Khas Orang Jogja

si bakul BERINGHARJO

Dalam memenuhi kebutuhan industri di era milenial ini, Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama membentuk sebuah wadah untuk membina koperasi-koperasi dan usaha masyarakat yang ada di wilayah Yogyakarta. Hal ini  mempermudah masyarakat dalam berwirausaha sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Sistem Si Bakul Beringharjo merupakan program inovatif untuk pengelolaan koperasi dan UMKM terpadu yang terdiri dari system database dan klastering/pengelompokan untuk pembinaan yang tepat, efektif, sesuai kebutuhan dan berkelanjutan.

Dengan adanya Si Bakul Beringharjo diharapkan agar masyarakat yang memiliki usaha menengah ke bawah mampu membangun dan bersaing di dalam dunia bisnis di lingkup wilayah Yogyakarta.

Masyarakat saat ini memang menginginkan semua kebutuhan dapat diperoleh dengan  cara yang cepat dan mudah. Hal ini banyak kita temui di lapangan, tanpa keluar rumah mereka dapat memperoleh apapun yang mereka mau hanya dengan bermodal smartphone. Contohnya: jika kita lapat atau menginginkan sesuatu barang tanpa harus keluar rumah dikarenakan kesibukan ataupun karena terkendala cuaca di luar yang sedang tidak bersahabat, maka kita tinggal meng-klik aplikasi tertentu di smartphone, lalu ‘sim salabim abrakadbara’ makanan atau barang yang kita inginkan sudah ada di depan mata kita.

Hebat bukan? Mungkin bagi kebanyakan orang itu terdengar seperti sihir, tetapi memang itulah realita yang terjadi sekarang ini. Jika kita tidak bisa mengikuti arus perkembangan zaman yang semakin maju dan modern seperti yang terjadi di dunia ini, maka bersiap-siaplah untuk menjadi makin terpuruk dan ketinggalan zaman. Sebab kebanyakan manusia saat ini baik tua apalagi yang muda sudah mulai melek media dan ketergantungan dengan kecanggihan teknologi digital.

Kita memang tidak bisa menyalahkan keadaan, karena saat ini kita hidup di era milenial serba modern yang mana teknologi menjadi semakin maju dan berkembang dengan sangat pesat dari hari ke hari. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mengakui bahwa kemajuan teknologi saat ini memang sangat membantu dan memudahkan jalan kita untuk memperoleh sesuatu yang kita inginkan tanpa harus lelah mengeluarkan tenaga bahkan lebih menghemat waktu yang kita miliki.

Video Perjalanan saya pagi ini

Namun, apakah kita hanya bisa menjadi penikmat fasilitas tersebut tanpa bisa memanfaatkan teknologi untuk memperoleh keuntungan? Tentu tidak bukan? Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM mengajak masyarakat terutama pengusaha atau pebisnis tingkat menengah ke bawah untuk memanfaatkan kemudahan teknologi tersebut. Info bisa diperoleh di halaman berikut Dinas Koperasi & Ukm di Yogyakarta atau PULT-KUMKM DIY

Si Bakul Beringharjo mengelompokkan usaha masyarakat dalam berbagai kelompok, antara lain makanan khas, pakaian batik, oleh-oleh, buah-buahan, jamu tradisional, hasil olah pertanian, bidang jasa, tanaman hias, aksesoris rumah dan lain sebagainya.

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memajukan perekonomian masyarakat Yogyakarta ini sangatlah tepat.  Kita seharusnya bangga dengan apapun yang kita punya dan tak perlu lagi merasa malu dengan produk-produk lokal, karena justru dengan adanya produk-produk lokal itu dapat membangkitkan pekonomian yang kuat di dalam masyarakat kita sendiri.

Si Bakul Beringharjo mengajarkan kita untuk mengolah perekonomian masyarakat oleh, dari, dan untuk masyarakat sendiri dengan cara yang lebih tepat, lebih baik dan mandiri. Layaknya bola salju yang terus berputar, perekonomian masyarakat diharapkan dapat terus berkembang secara signifikan dan dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat itu sendiri, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta sekitarnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Hari ini Si Bakul Beringharjo mengadakan acara UMKM di Yogyakarta. Berbagai macam produk dipamerkan di acara tersebut. Dengan diadakannya Si Bakul Bringharjo ini, diharapkan masyarakat dapat memamerkan hasil produk yang mereka buat, sehingga produk mereka dapat diketahui oleh masyarakat luas. Juga diharapkan agar para pengusaha dapat menuangkan ide dan inovasi terbaru mereka di UMKM tersebut. Serta dapat berbagi pengetahuan seputar usaha yang mereka jalankan.

Bukan hanya itu saja, Si Bakul Beringharjo ini juga dapat membuat produk menggunakan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar, sehingga memberikan inspirasi bagi para pengusaha untuk membuat inovasi yang baru dan kreatif, juga diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran, serta bagi mereka yang mempunyai keterbatasan fisik, karena keterbatasan fisik bukanlah penghalang bagi mereka untuk menyalurkan kreatifitas dan potensi yang mereka miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *